Pages

Sunday 24 July 2016

Pengalaman Kontrol Kehamilan di RSIA Resti Mulya

Menyambung tulisan sebelumnya tentang periksa kehamilan, saya mau melanjutkan cerita dengan tema yang masih sama tapi di tempat yang berbeda.

RSIA Resti Mulya
Jujur saya belum pernah mendengar RS ini sampai ketika saya mengurus BPJS. Bidan yang saya temui merekomendasikan RS ini sebagai tempat rujukan. Eh tapi akhirnnya saya dan suami tidak jadi pakai BPJS ya. Riweuh euy ngurusnya. Dan memang untuk kelahiran normal jika pakai BPJS dirujuk ke faskes 1 alias puskesmas, bidan, klinik bersalin, klinik pratama. Jadi penanganannya tidak menggunakan jasa dokter obgyn, itupun biaya persalinan hanya di-cover sebesar 600rb.

Oiya mengapa akhirnya saya dan suami "pusing" memikirkan biaya persalinan, karena ternyata biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan saya belum bisa di-cover asuransi kantor suami karena masa kerja suami belum genap 1 tahun, sementara syarat penerima fasilitas ini seperti tercantum di PKB-nya harus minimal bekerja selama 1 tahun dulu. Hiks. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan menggunakan biaya pribadi, tapi sebagai konsekuensinya kami harus menurunkan idealisme, pilih RS dengan biaya yang lebih terjangkau. Nasehat para orangtua dan teman-teman yang sudah pernah melahirkan juga sama, pada intinya sih fasilitas kesehatan untuk melahirkan sekarang sudah memadai semua, entah itu klinik bersalin, rumah bidan, klinik pratama, RSU, RSIA, atau RS Swasta.

Back to topic, about RSIA Resti Mulya. Saya mulai searching informasi mengenai RS ini. Sayangnya RS tersebut tidak punya official website, profil Twitternya tidak update, hanya ada review Google, dan fan page Facebook yang masih cukup aktif oleh komentar pasien-pasiennya. Setidaknya itu membantu memberi gambaran pengalaman ibu-ibu yang pernah periksa dan melahirkan di RSIA Resti Mulya. Overall komentar yang saya baca positif, meski RS ini termasuk RS Tingkal III, tapi fasilitas dan dokternya cukup bagus. Dan yang makin membuat saya mantab melanjutkan pemeriksaan kehamilan di sini adalah lokasinya yang lebih dekat dari rumah, hanya 12 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dari rumah. RS ini masuk dalam wilayah Jakarta Timur, di daerah Penggilingan. Saya kira daerah tersebut juga bukan daerah macet jadi kalaupun sewaktu-waktu saya kontraksi atau keadaan darurat lainnya, tidak butuh lama untuk mencapai RS tersebut.
Karena minimnya informasi terkait RS ini, termasuk dokter yang praktek dan jadwalnya, saya menelepon bagian informasi RSIA Resti Mulya. Nanti saya share hasil perburuan informasi di kunjungan pertama kontrol kehamilan di sana ya.

RSIA Resti Mulya memiliki 7 dokter spesialis kebidanan dan kandungan.  Mereka punya jadwal praktek tiap hari, dimana waktu prakteknya mayoritas di saat sore atau malam hari. Cocok untuk saya yang memang baru bisa periksa setelah Maghrib karena menunggu suami pulang kantor. Hasil pencarian rekomendasi dokter dari ibu-ibu di forum, saya awalnya memilih Dr. Siti Musrifah, SpOG, menurut mom-netizen beliau orang yang sabar, keibuan, tidak pelit informasi. Tapi berhubung ketika saya ke sana, beliau sedang cuti umroh sehingga saya diarahkan ke Dr. Surahman Hakim, SpOG (K) yang alhamdulillah bagus dan menyenangkan orangnya. FYI, saya pindah dokter dan RS ini di usia kehamilan 33w ya ibu-ibu.

Berikut ini ringkasan review saya tentang RSIA Resti Mulya, semoga bermanfaat.

*Dokter
Alhamdulillah Dr. Rahman ternyata sosok yang humoris, ramah, dan berpengalaman. Hasil pencarian Google tentang beliau cukup banyak, beliau dokter senior dari UI, yang biasa mengisi seminar tentang kehamilan, dan ibu-ibu yang pernah ditangani oleh beliau selalu memberi review positif. Suami saya juga langsung nyaman ngobrol dengan Dr. Rahman, alhamdulillah ketemu dokter yang pas di percobaan pertama hehehe. Oiya untuk ibu-ibu yang kesulitan mencari jadwal praktek dokter di RSIA Resti Mulya, berikut ini saya tampilkan jadwal yang saya peroleh dari RS ybs.


Update: saya agak kecewa pada pengalaman kontrol di kesempatan selanjutnya. Beliau orang yang cukup sibuk barangkali sehingga selama tiga kali saya ke sana, beliau selalu datang terlambat padahal pasiennya sudah banyak yang mengantri. Akibatnya pemeriksaan dilakukan dengan tergesa-gesa dan tidak banyak penjelasan dari beliau, bahkan ketika kehamilan saya sudah mencapai usia 38w. :|

*Pelayanan RS
Kesan pertama begitu dilayani oleh tenaga medis di sana adalah murah senyum. Awalnya saya agak pesimis, karena ketika di telepon operatornya tidak bersahabat dan dioper-oper ketika saya bertanya tentang biaya RS, tapi aktualnya setelah tatap muka, mereka cukup friendly dan inisiatif memberikan informasi pada pasien baru.

* Fasilitas RS
Rumah sakit ini tergolong kecil, hanya satu gedung utama dengan parkiran terpisah di seberangnya. Meski kecil, tapi penataannya rapi dan bersih. Terdapat mushola dan ruang laktasi. Mereka menyediakan pilihan kamar dari Kelas 3 hingga VVIP. Saya akan update setelah saya room tour di sana ya.
Update: saya sudah room tour tapi tidak sempat memfoto tiap ruang, waktu itu saya hanya mengunjungi Kelas I, VIP, dan VVIP karena Kelas 2 dan Kelas 3-nya sedang full pasien.

  • Kelas 1 diisi dua pasien, kamarnya tidak terlalu besar untuk diisi dua ranjang namun cukup nyaman karena tersedia AC, lemari, dan TV serta dilengkapi satu kamar mandi di dalamnya.
  • Kelas VIP diisi satu pasien, selain ranjang tidur pasien dan standar fasilitas (TV, lemari, AC, kamar mandi) disediakan juga sofa untuk penunggu.
  • Kelas VVIP hampir sama dengan kelas VIP hanya saja ukuran kamarnya lebih luas dan disediakan kulkas di dalamnya.


* Biaya
Nah untuk biaya ini saya cukup amazed karena dengan fasilitas yang cukup memadai ini, biayanya tidak terlalu mahal. Harga yang tercantum dalam daftar berikut tidak termasuk visit dokter dan tindakan tambahan.

Update: biaya kontrol terdiri dari biaya dokter, usg 2 dimensi dan obat-vitamin.

---

Update: baca pengalaman saya melahirkan di RSIA Resti Mulya di postingan ini ya.

31 comments:

  1. kalau biaya kontrol nya berapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar mbak, utk usg + cetak 150rb (bisa minta ngga usah print agar lebih hemat). biaya dokternya sendiri 100rb.

      Delete
    2. Tambah update, per februari 2022 biaya konsultasi dr spog nya masih sama 100rb, untuk USG krn saya USG trans vaginal jd harganya 250rb +print

      Delete
  2. rencana mau lahiran disana mba?
    di share ya mba nanti :) soalnya saya ada rencana mau coba periksa kesana dan sedang membandingkan dengan RS Islam pondok kopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak rencananya mau di sana. Nanti diupdate lagi tulisannya :) smoga lancar dan sehat selalu kehamilannya mbak Ekky Fauziah.

      Delete
    2. Sama seperti Mba Ekky, saya butuh info yang sama. Sehat2 ya buat baby dan bundanya Mba Bin Haariyati Nana. Salam kenal buat Mba, Mba Ekky dan Bunda lainnya. Terima kasih untuk info dokternya Mba juga jadwal praktek dokter.

      Delete
  3. Saya baru semalam ke dr surahman.. dan saya pulang dengan menangis.. dokter hanya bilang berat janin saya kecil dan beliau tidak memberikan solusi apa2.. dan tidak ada bercanda atau humoris sama sekali beliau serius.. suami saya juga gak suka.. dan saya cuma mengandalkan internet untuk cari solusi saya agar berat badan janin naik.. seharusnya dokter menyemangati pasien bukan bikin down.. gak perduli gelar dia apa yg jelas gak suka sama sekali.. sampai malamnya saya gak bisa tidur.. dan klo saya smpai stress itu krna dr surahman yg sangat menyebalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabaaar mbak, jangan terlalu diambil hati dan stres, nanti dedeknya ikut stres lho :)
      Iya mencari dokter obsgyn mmg cocok-cocokan mbak, mohon maaf kalau mb jd berekspektasi besar dg membaca postingan sy ini. Mungkin bisa lebih pro aktif bertanya mbak klo menemui dokter pasif lagi di kemudian hari. Coba dibanyakin makan yg sehat bergizi trutama daging sapi mbak, siapa tau bs nambah ke BB janin. Semangaaaat. Semoga sehat selalu!

      Delete
    2. ikut nimbrung yah mbak :)
      saya juga awal kehamilan periksa ke RSIA Resti sampai usia kehamilan 5bln waktu itu yang handle dokter Ina. bayi saya dibilang kekecilan dan dia menyarankan minum air kelapa muda 3liter sehari dan makan telor omega3 6butir sehari dan jangan berhenti minum vitamin yang dikasih dokter. mungkin bisa dicoba :)

      Delete
    3. Dr surahman itu dokter senior dresti,mungkin dia lelah mbak..
      Klu saya biasa dtangani dr yuwono, waktu anak ke2 beliau yg menangani proses SC gak ada keluhan sama sekali

      Delete
  4. amiiinnn makasih ya mba nana :) semoga lancar sampai lahiran ya mbak :) ditunggu update an selanjutnya :))

    untuk mba @smart handkey : saya ada rekomendasi obgyn di RS Islam Pd.Kopi namanya Dr.K.N Aryanto Kalsah . Itu dr nya super duper baik, teliti dan jelas bgt kasih info USG juga sampe detail bgt bener2 berasa kaya kuliah 2 SKS. Saya biasa periksa sama dia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kontrol di pondok kopi berapa mbak biayanya? katanya di pondok kopi ada dr. Diah juga yg enak banget komuhnikasinya..

      Delete
    2. tergantung sih biasanya kalo sama obat bisa 700-800an mba

      Delete
    3. mbak Ekky, hamil berapa bulan? boleh minta nomor hape mbak, kirim ke email saya ya.. anichocochip@gmail.com
      saya mau nanya2 tentang RSI pondok kopi

      Delete
    4. Hi Mba Salam Kenal, aku setuju banget sama coment mba yang ini. DrKalsah bener bener super duper teliti, super duper ramah banget, super duper sopan dan sangat menjaga perasaan pasiennya. dokter ini bener bener rekomended sekali buat saya.

      Delete
  5. mbaaak, makasih banget lho blognya berguna..aku cari2 info susah mau priksa ke dr. Murthy.. jazakumulloh khoiron katsiron

    ReplyDelete
  6. mba ani maaf ya baru baca komen nya, sudah di email yaaa

    ReplyDelete
  7. Haii mb nana dan mb ekky, kebetulan saya sedang hamil anak ke 3 dan kami jg baru pindah. Saya juga berencana periksa dan melahirkan di rs islam pondok kopi or rsia resti mulya.
    Mohon infonya untuk dr. Surahman dan dr. Aryanto Kalsah ini pro normal gak yah? Saya lagi cari dokter obgyn yg pro normal secara anak pertama dan kedua normal semua.
    Mohon infonya ya mommies2... thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mb ainie, dr. Surahman sangat pro normal mbak :) saya yg waktu itu kondisi bayi terlilit talipusat, pembukaan lama, beliau masih optimis bs normal.. dan alhamdulillah akhirnya jg normal wlopun persalinannya dg bidan, krn dokter sdg praktek di rscm ketika saya lahiran. Baca lengkapnya di postingan berikutna mbak ;)

      Smoga lancar ya persalinannya mommy, hebat euy udh anak ketiga, pasti lbh santai ya skrg mb..

      Delete
  8. Haii mb nana dan mb ekky, kebetulan saya sedang hamil anak ke 3 dan kami jg baru pindah. Saya juga berencana periksa dan melahirkan di rs islam pondok kopi or rsia resti mulya.
    Mohon infonya untuk dr. Surahman dan dr. Aryanto Kalsah ini pro normal gak yah? Saya lagi cari dokter obgyn yg pro normal secara anak pertama dan kedua normal semua.
    Mohon infonya ya mommies2... thanks.

    ReplyDelete
  9. bu mohon info untuk klinik lainnya di RSIA Resti Mulya gimana ya?? misalnya gigi apakah buka sore?? soalnya di jadwal pas aku telp. ga pas jam nya

    ReplyDelete
  10. Hai mbak nana & mba ekky, kebetulan aq lg hamil jalan 6bulan,tinggal didaerah komarudin. Makasih bgt yaa mbak udah di share ceritanya, bermanfaat bgt buat aq yg lg hamil pertama & nyari2 info tempat bersalin yg bgus, biaya terjangkau jg. Salam kenal dr q

    ReplyDelete
  11. Asslamualaikum,, bahagianya mendengar kehamilan dan proses jadi ibu. Saya seorang istri dengan usia pernikahan 3 tahun tapi belum dikasih kepercayaan. Rencana mau promil, adakah saran dari para ibu2 yang sudah pengalaman?

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Wr Wb
      Sabar yaaa mbak, insyaAllah nnti diberi rejeki anak di waktuNya Allah yg tepat. Klo mau promil coba di Hermina Bekasi mbak, sy dgr di sana bny dsog promil.

      Delete
  12. Assalamualaikum ba sya mau nanya, sya kn lgi hamil jln 3 bulan v bayi'n gak berkembang n bsok d sarankn untuk d kuret n dtng lgi k rs. Resti mulya Kira2 biya2'n abis brpah y ba? Mohon info'n dong bgi bunda2 yg tau... Trimakasih

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum ba sya mau nanya, sya kn lgi hamil jln 3 bulan v bayi'n gak berkembang n bsok d sarankn untuk d kuret n dtng lgi k rs. Resti mulya Kira2 biya2'n abis brpah y ba? Mohon info'n dong bgi bunda2 yg tau... Trimakasih

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum mbak mau tanya. Jdwal kontrolnya itu dr sore sampe malam itu kira2 jam brp ya. Soalny harus nunggu suami pulang kerja.. Klo ambil abs magrib enak

    ReplyDelete
  15. Bisa pake Asuransi ACA gak ya? ?
    Trus biaya USG brp?

    ReplyDelete
  16. Saya mau tanya mba nana, kalo pake bpjs bisa gak yah?

    ReplyDelete
  17. saya butuh review lagi tentang dokter surahman mbaa...apakah tetp baik dengan layanan BPJS ya..? Trus banyak begt nggak ya pasiennya dokter ini kalo di resti mulya..?

    ReplyDelete
  18. ikut nimbrung bun,info dokter di RSIA resty yang pro normal bun, yang mau nanganin pasien yg ingin VBAC.

    ReplyDelete