Pages

Thursday 1 September 2016

FAQ: Kehamilan Versi Nana (I)

Disclaimer:
Tulisan ini tidak berdasarkan penelitian, pendapat, atau literatur ilmiah kedokteran melainkan murni berasal dari pengalaman pribadi penulis. Jika ada medical statement di dalamnya akan dicantumkan sumbernya.

Haaaiii ibu-ibu atau bapak-bapak muda yang "tersesat" di postingan saya ini, saya kembali berbagi cerita tentang proses kehamilan anak pertama kami. Kali ini sedikit berbeda saya ingin menuliskannya dalam format Frequently Ask Question (FAQ) karena: (1) Lebih mudah menjelaskan hal yang bersifat umum dengan singkat dan padat; (2) Biasanya memang topik ini lebih banyak diawali dengan pertanyaan; (3) Variasi postingan agar tidak bosan :D

Well, saya membagi tulisan dalam beberapa part yang akan saya update secara kontinu. Sudah diingatkan di awal postingan, bahwa apa yang saya tulis di sini tidak bisa dijadikan pedoman ilmiah, karena murni dari pengalaman versi saya. Siapa tau pengalaman saya ini dijumpai ibu-ibu di luar sana juga. Post pertama berisi topik seputar kehamilan trisemester pertama. Check this out!

---


Q: Kapan pertama kali mengetahui bahwa kamu sedang hamil?
A: Akhir Desember, tanggal 24 kalau ngga salah. Tapi pastinya yakin hamil setelah cek ke dokter di tanggal 31 Desember 2015.

Q: Bagaimana kamu tahu sedang hamil?
A: Saya terlambat haid tiga hari (berdasarkan jadwal mens bulanan saya -bantu tracking menggunakan Android app Ovia Fertility) lalu saya iseng cek test pack dan hasilnya adalah dua strip meski garis keduanya masih samar-samar. Saya ulang test pack sebanyak 3 kali dengan jarak dua hari dan hasilnya semakin jelas garis keduanya. Oiya untuk test pack dilakukan pagi hari begitu bangun tidur sebelum makan dan minum, konon katanya urine pagi hari adalah yang terbaik untuk cek kandungan hormon HCG. Keyakinan saya hamil semakin kuat setelah pulang cek dokter obgyn, USG transvaginal (karena usg biasa belum bisa menangkap gambar calon janin) dan hasilnya kehamilan saya sudah masuk usia 5w.

Q: Apakah kamu mengalami gejala mual muntah ala ibu hamil di trisemester pertama?
A: Tidak. Saya tidak mengalami mual muntah atau pusing lemas di trisemester pertama. Tapi kondisi ini bisa berbeda-beda pada setiap ibu.

Q: Detak jantung janin dapat dicek di usia kehamilan berapa?
A: Sejak masuk bulan ke-dua, dokter sudah bisa mengukur detak jantung janin. Ini salah satu parameter untuk memeriksa kesehatan janin, selain berat dan ukuran janin.

Q: Apa yang sebaiknya dihindari di trisemester pertama?
A: Dokter saya menganjurkan untuk tidak makan makanan mentah atau setengah matang, apapun itu (bukan hanya ikan, telur, atau protein jenis lain tetapi juga sayuran mentah seperti lalapan) karena untuk menghindari bakteri jahat yang belum mati, karena awal kehamilan proses adalah saatnya pembentukan otak sehingga sangat penting menjaga kandungan makanan yang kita asup. Selain itu olahraga atau aktivitas berat juga sebaiknya dihindari, kategori berat ini sebenarnya saya masih ragu, sejauh ini saya tetap melakukan aktivitas normal ketika hamil trisemester pertama dan baik-baik saja. Saya masih mengendarai sepeda motor, mengangkat barang, dan naik turun tangga seperti biasa.
Note: kondisi tiap ibu bisa berbeda, ikuti kata dokter. Ibu dengan riwayat masalah kehamilan bisa jadi harus lebih ekstra menjaga janin di trisemester pertama karena masih rawan mengalami keguguran. 

Q: Apa yang dianjurkan di trisemester pertama?
A: Makan makanan yang mengandung protein, asam folat, dan zat besi tinggi. Protein dan asam folat mudah ditemukan di bahan makanan seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Sedangkan zat besi paling mudah didapatkan dari daging merah. Apa itu? Daging sapi! Simply dokter saya waktu itu menyebutkan menu steak, sate, atau bakso untuk dikonsumsi. Ini anjuran paling menyenangkan hahaha. Konsumi juga susu kehamilan atau vitamin yang diresepkan oleh dokter.

Q: Berapa penambahan berat badan kamu di trisemster pertama?
A: Tidak banyak kenaikan BB di awal kehamilan, hingga bulan ketiga saya baru naik 1,5 kg. 

Q: Apa perubahan yang nampak pada tubuh kamu setelah hamil?
A: Belum begitu banyak sih, perut saya belum membuncit (beberapa ibu mungkin berbeda, in case belum buncit, dont worry too much yak). Pregnancy hormonal mulai membawa jerawat di muka saya. Tidak banyak, satu dua muncul dan hilang. Moody? Saya kira sebelum hamil juga saya tipikal orang yang easy moody swing hahaha.

Q: Adakah referensi bacaan untuk menambah informasi seputar kehamilan?
A: Buku bacaan saya sering saya baca dan saya rekomendasikan untuk pembaca yaitu: 
  • 9 Bulan Yang Menakjubkan - Ayah Bunda
  • Panduan Kehamilan Muslimah
Selain itu bacaan tentang kehamilan bisa juga diperoleh dari online forum seperti: ibuhamil, bidankita, bidanku, mommiesdaily. Sharing dari ibu-ibu itu really helpful.

---

Sekian dulu FAQ seputar kehamilan trisemester pertama. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan lain -yang bisa saya jawab- akan diupdate secara kontinu. 

Btw, selamat untuk kehamilannya ibu-ibu. Semoga selalalu sehat dan kuat ya. Selamat menikmati masa-masa menakjubkan dalam sembilan bulan ke depan :)

No comments:

Post a Comment