Pages

Wednesday 27 January 2016

Dream Home: Tentang KPR CIMB Niaga Syariah

Memenuhi janji di post sebelumnya ini, akhirnya saya menulis tentang produk KPR yang kami ambil untuk membiayai sisa pembelian rumah baru.

Dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan untuk mengambil KPR Syariah dibanding KPR Konvensional, sekali lagi terimakasih mbak Tikawe dan mas Onos untuk pencerahan awalnya.

KPR Syariah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan KPR Konvensional dalam hal syarat administrasi dan proses kredit. Poin perbedaannya terletak pada cara menghitung biaya kewajiban. Karena menggunakan sistem syariah, maka prinsip peminjaman tidak menggunakan "bunga" melainkan pembiayaan berbasis jual-beli (murabahah). Bank membeli rumah pada developer lalu menjualnya lagi pada saya dengan keuntungan bank. Saya membeli dari bank dengan mencicilnya setiap bulan selama masa tenor. Ibaratnya jual-beli sayur di pasar, pedagang membeli sayur dari petani sebesar Rp 3.000,-/ikat kemudian dia jual ke pembeli seperti saya dengan harga Rp 5.000,-/ikat, pedagang tersebut mengambil untung Rp 2.000,- untuk seikat sayurnya. Prinsipnya bank/unit usaha syariah ini menentukan keuntungan di awal. Keuntungan ini disampaikan di muka ketika akad, jadi pembeli mengetahui dengan jelas dan pasti setiap nominal cicilan yang akan dibayarkan selama periode waktu yang disepakati.

Bagaimana bank/unit usaha syariah menghitung keuntungannya? Mereka punya perhitungan sendiri dengan menetapkan margin untuk menghitung keuntungan. Dalam hal ini, saya memilih produk KPR syariah dari unit usaha CIMB Niaga yaitu PKR iB CIMB Niaga. Dengan tenor 15 tahun, CIMB Niaga Syariah menggunakan margin 9,5% untuk 5 tahun pertama dan 13,99% sisa 10 tahun berikutnya. Marketing KPR-nya, Pak Dedy, sedari awal ketika menghubungi kami, sudah memberikan gambaran nominal cicilan dari bulan ke-1 hingga bulan ke-120 dengan simulasi beberapa plafon pinjaman. Dijamin tidak berubah di masa mendatang, karena tidak terpengaruh suku bunga BI.

Menariknya lagi, ketika saya membayar keseluruhan sisa cicilan sebelum masa tenor berakhir, CIMB Niaga Syariah tidak akan menagih denda/penalty. Nasabah cukup membayarkan utang pokoknya saja, hanya saja pelunasan lebih cepat baru diperbolehkan setelah 5 tahun.

Mengapa saya akhirnya memilih CIMb Niaga Syariah sebagai partner sementara ada banyak pilihan produk syariah yang ditawarkan bank/unit usaha lain? Satu, karena dari beberapa bank/unit usaha yang kami survey, nilai margin-nya paling kecil. Dua, sistem fixed 5 tahun pertama dengan margin lebih kecil, saya baru mendapatinya di KPR Syariah CIMB Niaga. Biasanya KPR Syariah lain langsung menetapkan satu jenis margin untuk tahun pertama hingga sisanya. Tiga, CIMB Niaga Syariah sudah bekerjasama dengan developer Damai Putra Group. Ini penting karena proses menuju akad akan lebih cepat, kaitannya dengan syarat surat rumah. Jika belum bekerja sama, maka bank harus mendaftar dulu ke developer, memulai perjanjian surat menyurat dsb. Proses ini memakan waktu yang cukup lama. Terakhir, CIMB Niaga Syariah berkenan menjamin "special case" dari saya dan suami. Ceritanya kami mendaftar KPR ketika dua-duanya baru saja resign. Awalnya kami ingin mengajukan pinjaman dengan double income (suami dan istri bekerja) tapi karena pada akhirnya suami yang lebih dulu bekerja, akhirnya pengajuannya diubah menjadi single income (suami bekerja).

FYI, kami sempat deg-degan dengan pengajuan KPR ini. Kami terlalu nekad resign di masa pendaftaran KPR. Sekalipun suami sudah mendapat pekerjaan baru, tapi hari pertama kerjanya baru dimulai di awal tahun 2016. Sementara itu, syarat KPR pada umumnya nasabah wajib sudah bekerja minimal satu tahun. Eaaa... bingung kan. Mau mengajukan kantor lama, tapi status sudah out. Mengajukan kantor baru, pengalaman belum ada satu tahun. Dengan ketidakjelasan situasi ini, maka kami berusaha secara positif mengkomunikasikan dengan pihak developer dan bank secara terbuka. Alhamdulillah, Allah memberi jalan lewat CIMB Niaga Syariah itu :)

For readers, dont ever try our case! Dont resign before your credit submission is accepted.

Kami mengajukan KPR Syariah di CIMB Niaga per tanggal 24 Desember 2015 dengan membawa kelengkapan dokumen sbb:
-Fotokopi KTP suami-istri
-Fotokopi NPWP suami-istri
-Fotokopi KK suami-istri (karena kami belum mengurus KK baru)
-Fotokopi Akte Pernikahan
-Fotokopi Ijazah terakhir suami
-Fotokopi Surat Keterangan Bekerja (dari kantor lama suami)
-Fotokopi Surat Perjanjian Kerja (dari kantor baru suami)
-Fotokopi Transaksi Rekening (3 bulan terakhir)
-Fotokopi Slip Gaji Suami (3 bulan terakhir)
-Pas Foto berwarna
Semua berkas dikumpulkan masing-masing rangkap dua, bersama dengan form pendaftaran yang disediakan CIMB Niaga Syariah. Proses persetujuan pemberian pinjaman memakan waktu kurang lebih 21 hari, yaitu pada tanggal 14 Januari 2016 CIMB Niaga Syariah mengeluarkan SP4 "Surat Persetujuan Prinsip Pemberian Pembiayaan".

Sebelum akad di tanggal 21 Januari 2016, kami harus melunasi biaya KPR antara lain berupa: biaya administrasi, asuransi jiwa, asuransi kerugian, dan materai. Biaya notaris menyusul kemudian setelah Akta Jual Beli keluar. Akad yang seharusnya dilakukan di kantor marketing developer tidak bisa berjalan sesuai jadwal, dan karena suami tidak bisa izin kerja, maka akad kredit dilakukan di dalam mobil berlokasi di parkiran kantor suami pada saat jam istirahat. Sesuatu...

Akad kredit menandai proses pengalihan pembiayaan rumah dari nasabah ke bank telah selesai. Selanjutnya rumah bisa ditempati, dan nasabah tinggal melakukan kewajibannya membayar cicilan setiap bulan pada bank.

Ingat, jangan malu untuk sering-sering bertanya dan menawar (hehe...). Sebelum bertanya, biasakan membaca terlebih dahulu, sehingga kita bisa memastikan kewajiban-hak pembeli, penjual dan bank. Terutama berkaitan dengan waktu dan biaya, kita tidak mau bukan mengulur waktu terlalu lama dan menghabiskan banyak uang yang sebenarnya bisa ditekan seminimal mungkin.

#BUKANIKLAN
This post is based on my personal experience and have no related to promotion/endorsement of spesific product.

46 comments:

  1. Mba blog nya bnr2 aku lg nyri ttg yg membahas kpr niaga syariah.. info nya berguna bgt...oia mba mau nanya biaya kpr nya kisaran brp prsen dr plafon?

    ReplyDelete
  2. @shelvi
    Terimakasih sdh mampir mbaak, biaya KPR tidak berkaitan dg besar plafon mbak, siap2 sekitar 10-15jt untuk administrasi, asuransi, notaris, dll..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih, saya cari berhari hari tentang kpr cimb niaga syariah... Akhirnya nemu disini...
    Saya masih bingungg... Mau KPR rumah.... Antara BNI Konven (payrol disana) atau cimb niaga syariah..
    Itu "margin" setelah tahun ke 5 13.99% apakah berlaku seluruh cimb niaga syariah?? Dan sekarang masih berlaku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya skrg BI Rate sdg turun, KPR Konvensional pun pasti membandrol bunga yg kecil juga tapi klo mau aman pasti mmg lbh baik KPR Syariah.

      Utk kepastian margin saat ini brp sy kurang tahu, bpk bs tanyakan langsung hub.i marketing KPR CIMB Niaga Syariah yg membantu sy kemarin, pak Dedi+6281281177727

      Delete
    2. Berkas saya sudah masuk di Cimb Niaga Syariah Makassar,.... Tapi developer tidak kerja sama... Jd masih menunggu konfirmasi dulu....

      Delete
  4. Saat ini sudah banyak sekali perumahan syariah tanpa riba, tanpa bank, tanpa akad ganda.
    alhamdulillah sekarang sudah bisa dinikmati masyarakat umum dengan menggunakan kpr syariah tanpa bank tanpa riba dengan masa angsuran hingga 10 tahun.

    Silahkan hubungi kami di http://kprsyariah.xyz jika berminat dengan perumahan syariah di kota sahabat.

    ReplyDelete
  5. mba saya sama ngambil KPR iB syariah CIMB dan sepertinya dengan pa Dedy juga. Tertarik untuk kutipan mba Nana yg berbunyi:

    "Menariknya lagi, ketika saya membayar keseluruhan sisa cicilan sebelum masa tenor berakhir, CIMB Niaga Syariah tidak akan menagih denda/penalty. Nasabah cukup membayarkan utang pokoknya saja, hanya saja pelunasan lebih cepat baru diperbolehkan setelah 5 tahun."

    dan

    "Ingat, jangan malu untuk sering-sering bertanya dan menawar (hehe...). Sebelum bertanya, biasakan membaca terlebih dahulu, sehingga kita bisa memastikan kewajiban-hak pembeli, penjual dan bank. "


    apa benar y mba? trus kutipan kedua untuk yg menawar itu maksudnya bagaimana ya utk mendapatkan penawaran yang terbaik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong infonya y mba juga mengenai jenis KPR syariah Murabahah apa itu sama dengan PKR iB Flexi MMQ?

      Delete
    2. Iyaaa mb nexia utk poin 1 sudah kami tnyakan, jika pelunasan lbh cepat yg dibayarkan hutang pokoknya saja. Poin 2 maksudnya menawar, iyaaa saya dan suami sering "bawel" kalay disuruh bayar ini itu lagi, jd selalu pastikan tanya dan jika bisa dikurangi nominalnya.

      Utk jenis KPRnya sy baru dengar yg Flexi MMQ jd sy kurang paham sama atau beda dg KPR Syariah yg sy ambil

      Delete
    3. Saya jg tertarik dengan info mengenai pelunasan dipercepat hanya membayar pokok saja tanpa margin. Karena saya sedang proses pelunasan, kata bagian pelunasan perhitungannya pokok dan margin. Kl ada bisa jg minta contact pak dedy untuk tanya2. Terima kasih

      Delete
  6. saya sendiri juga baru memproses KPR CIMB Niaga Syariah dengan proses yang sama persis dengan yang disampaikan bu hariyati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah
      Semoga lancar prosesnya ya. Terimakasih sudah mampir di blog ini.

      Delete
  7. boleh minta tabel angsurannya mba ?

    ReplyDelete
  8. boleh minta tabel angsurannya mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rangga,
      Margin 5 Tahun pertama : 9.5%
      Margin tahun ke 6-15 : 13.99%
      Bisa pakai simulasi bunga floating di web : simulasikredit.com

      Delete
    2. www.simulasikredit.com/simulasi_bunga_floating.php

      Delete
  9. Replies
    1. Peraturannya sih DP min 30% utk KPR rumah pertama dg tanah min 70m2. Tapi aktualnya dg bank bisa nego kok, 20-30%

      Delete
  10. Assalamualaikum mba, kebetulan saya juga mau ambil kpr nih dan saya juga baru resign dari kantor saya.
    Saya hendak menggunakan kpr bank CIMB Niaga Syariah karena sudah bekerja sama dengan developernya..
    Boleh saya minta no kontak pak dedy mba? Saya mau konsultasi dulu dg beliau ttg kondisisaya
    No kontak pak dedy bisa diposting disini atau dikirim via email ke imlucky.top@gmail.com
    Terimakasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam
      Untuk info kontak pak Dedy CIMB Syariah, sy kirim via email ya. Semoga berhasil dengan pengajuan KPR-nya.

      Delete
  11. saya mau tanya yg ini mbak " biaya KPR tidak berkaitan dg besar plafon mbak, siap2 sekitar 10-15jt untuk administrasi, asuransi, notaris, dll.."

    bukannya ada nilai % nya dari plafon, klo boleh tau plafon yg diajuin berapa ya ?, kebetulan saya lagi ajuin niaga syariah sistem murabahah jg. Oiya utk asuransi kebakaran dan asuransi jiwa pembiayaan syariah apa wajib ya ? klo boleh tau kena brp ya ? .. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya mbak ralat untuk biaya administrasi ada nilai % dari total pinjaman, tiap bank beda-beda sih, biasanya 1-5%. asuransi wajib sepertinya, kmarin sy nego juga tidak bisa kurang, sudah dipatok dari bank-nya.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Tanya - tanya mengenai KPR langsung pada pakarnya, ada kesulitan apapun pasti akan dibantu, seperti mendapatkan solusi dan pencerahan

    https://goo.gl/jFhbPs

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum mbak ,
    mbak masih berjalan KPRnya di CIMB Niaga Syariah dan masih tetap angsurannya seperti saat awal ?
    Saya baru mau memilih bank untuk KPR , jadi masih cari-cari info ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam
      Iya masih tetap angsurannys sama..

      Delete
  15. Mohon info nya pa, saya mau kpr rumah di bandung 085659241181 wisnu

    ReplyDelete
  16. Mohon info sales KPR cimb niaga yg bs sy hubungi. Jakarta timur. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hub : 082219347654
      KPR Niaga Bekasi
      Terima Kasih.

      Delete
  17. Jazakillah khoir mbak infonya..saya juga sedang ada rencana mo ambil kpr renananya di niaga syariah karena memang developernya cuma krjasama dgn niaga kl yang syariah..developer kita sama damai putra grup nih mbak..kalo boleh minta no tlp marketingnya bisa mbak..?

    ReplyDelete
  18. Mohon infonya marketing kpr cimb Di area cikarang,saya mau take over kpr rumah sy. thanks ��

    ReplyDelete
  19. Mohon infonya marketing kpr cimb Di area cikarang,saya mau take over kpr rumah sy. thanks ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hub: 082219347654
      KPR CIMB Niaga Bekasi.
      hatur nuhun (Terima kasih)

      Delete
  20. Mbak, misalnya ditengah jalan gk bisa melanjutkan cicilan, apakah dana yang sudah dicicil akan dikembalikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tentu tidak bisa dikembalikan, ada perjanjiannya di awal.

      Delete
    2. Diselesaikan di lelang pengadilan bisa. Atau dijual kembali oleh bank, kemudian jika ada kelebihan dari perhitungan antaraa hargaaa jual dan harga belinya. Dikembalikan setelah dipotong biaya biaya. Gitu kira kira

      Delete
  21. mba saya mau kpr rumah orang tua saya, nah sertifikat rumahnya berupa hak waris bs g ya rmh tersebuat saya ajukan KPR?dan saya bs g ya berhubungan langsung dengan marketing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu mb bisa atau ngga-nya coba diskusikan dg pihak notaris utk hal2 yg menyangkut hukum jual beli tanah & bangunan

      Delete
  22. Mohon infonya marketing kpr niaga di daerah condet dunk

    ReplyDelete
  23. Disclaimer: saya bukan org cimb niaga dan saya juga tdk tahu nomor marketing cimb niaga di daerah2 lain, stop asking about that. Kebetulan marketing cimb yg dulu berurusan dg saya (pak dedi) jg sdh resign.

    Saya tdk bertanggungjawab atas beredarnya nomor2 marketing kpr yg tertera di komen2 selain saya ya, ada baiknya selalu waspada hati2 jk akan berurusan dg kor pastikan bukan modus penipuan. Terimakasih sdh mampir di blog saya.

    ReplyDelete
  24. Mau tanya waktu akad itu jadi kita dikasih uang sama bank terus disuruh beli ke developer atau bank beli ke developer terus akad sama bank atau bank bayarin ke developer lalu anda akad sama sama developer ? Maaf pertanyaannya agak ribet, Karena saya lg survei beberapa bank syariah, Soalnya kebanyakan bank syariah itu cuman kedok doang dan tetap riba, Thks

    ReplyDelete
  25. Hallo mba, waktu pelunasan dipercepat, selain membayar sisa pokok, Ada biaya apalagi?karena saya dikenakan biaya muqosah sebesar 3% dari sisa pokok padahal waktu rencana pelunasan seluruhnya di bulan okt 2017 hanya dikenakan 1%. Saya sudah Tanya Kan ini, katanya itu kebijakan bank. Mohon share pengalamannya ya. Thanks

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Hallo mba. Mau tanya. Itu Surat Keterangan Bekerja dan Surat Perjanjian Kerja bisa beda gimana yah? Karna saya skrg kerja di tempat baru msh kontrak, sementara di tmpt kerja lama sudah tetap. Apakah suami mba juga seperti itu kondisinya saat itu?

    ReplyDelete
  28. baiknya ambil rumah tanpa sita tanpa denda silahkan klik bit.ly/ChatKRS atau visit www.rumahsyari.id

    ReplyDelete
  29. Apakah di cimb ada instant approval?

    ReplyDelete